Folder Obrolan Berbagi, Latar Kustom, dan Sebagainya

Baca pengumuman resmi dalam Bahasa Inggris
Memperkenalkan Folder Obrolan Berbagi, Latar Kustom, dan Sebagainya

Setelah pembaruan kali ini, Anda akan dapat membagikan seluruh folder obrolan hanya dengan satu tautan, membuat latar khusus untuk obrolan perorangan, menggunakan aplikasi web dalam semua obrolan, dan masih banyak lagi.

Folder Obrolan Berbagi

Folder obrolan sekarang dapat dibagikan dengan tautan. Pernahkah Anda kerepotan mengundang teman atau rekan kerja ke dalam banyak grup satu per satu? Sekarang, Anda tidak perlu khawatir lagi karena, setelah Anda membagikan folder obrolan, mereka dapat menambahkan folder tersebut ke akun mereka dan dengan langsung masuk ke dalam semua obrolan di dalamnya.

Bagaimana jika Anda ingin teman Anda tadi masuk ke dalam sebagian obrolan saja? Anda dapat membuat lebih dari satu tautan undangan untuk setiap folder, masing-masing memberikan akses ke beragam obrolan berbeda. Ketika membuat tautan, pilih obrolan yang Anda ingin sertakan, lalu berilah nama unik yang cocok, seperti Karyawan atau Atasan.

Anda dapat menyertakan obrolan publik apa pun dan semua obrolan tempat Anda memiliki hak admin untuk menambahkan pengguna.

Jika Anda sudah membagikan tautan, tetapi beberapa waktu kemudian baru ingat bahwa Anda lupa untuk menyertakan suatu obrolan, Anda dapat menambahkan obrolan baru itu ke dalam folder terkait dan memperbarui tautannya. Semua pengguna bersangkutan akan mendapat pemberitahuan untuk masuk ke dalam obrolan baru itu.

Untuk membuat folder, buka Pengaturan > Folder Obrolan. Untuk penjelasan selengkapnya, kunjungi panduan lengkap kami mengenai Folder Berbagi.

Latar Kustom

Bosan dengan tampilan obrolan yang datar dan kurang ekspresif? Hias obrolan Anda dengan foto favorit dan kombinasi warna pilihan agar lebih meriah.

Setelah menerapkan latar, pesan spesial akan dikirimkan ke mitra obrolan sehingga mereka juga dapat menambahkan latar obrolan yang sama untuk aplikasi mereka. Namun, hal ini tidak wajib, dan mitra obrolan Anda tetap dapat menerapkan latar pilihan mereka sendiri.

Anda dapat memasang latar kustom dalam semua obrolan perorangan dengan mengetuk ⋮ > 'Pasang Latar' dalam tajuk obrolan di perangkat Android. Sementara itu, di perangkat iOS, buka profil dan ketuk ⋯ > 'Ganti Latar'.

Bot Lebih Baik

Bot Telegram kini dapat menghosting aplikasi web sehingga penyediaan layanan bagi jutaan pengguna menjadi lebih optimal. Aplikasi web ini dapat diluncurkan dalam obrolan apa pun.

Apabila mendukung fitur ini, aplikasi web dari bot dapat diakses melalui tautan langsung atau dengan menyebut username bot dalam obrolan Telegram. Sebagai contohnya, coba ketik @durgerkingbot (diikuti dengan spasi) dalam obrolan, atau kirim link ini: https://tttttt.me/DurgerKingBot/menu

Jika diluncurkan dalam grup, aplikasi web kini mendukung kolaborasi dan fitur multiplayer bagi semua anggotanya.

Hal ini memperluas peluang yang sudah ada dan mengurangi keterbatasan bagi pengembang pihak ketiga dan pedagang di Telegram. Bahkan, semuanya gratis! Kunjungi Bot API kami dan mulailah memprogram!

Ikuti @BotNews untuk pembaruan terkini mengenai bot Telegram.

Tautan Bot dan Telegram Premium di Fragment

Username Eksklusif adalah username berbayar Telegram yang spesial dan hanya dapat diperoleh dari Fragment. Sampai sekarang, hanya pengguna dan grup/channel yang dapat menggunakan username eksklusif tersebut. Mulai saat ini, bot juga dapat menggunakan username eksklusif – termasuk tautan tanpa akhiran -bot.

Anda juga dapat membeli Telegram Premium untuk Anda sendiri atau menghadiahkannya kepada pengguna lain melalui Fragment.

Pengguliran Cepat untuk Lampiran

Apakah Anda kesulitan menemukan foto tertentu karena tenggelam dalam koleksi galeri Anda? Santai, Anda sekarang dapat menggulir dalam menu lampiran dengan kecepatan kilat, seperti dalam Media Bersama.

Waktu Dibaca dalam Topik

Seringkali, saat bercakap-cakap dalam grup, kita ingin tahu kapan sebenarnya orang lain membaca pesan kita – apakah malam atau pagi, misalnya. Dalam grup dengan fitur topik diaktifkan dan kurang dari 100 anggota, tanda sudah dibaca sekarang mencantumkan pukul berapa pesan Anda dibaca oleh anggota grup lainnya.

Antarmuka Ditingkatkan

Fitur Kirim Saat Online sekarang dapat diakses dengan lebih mudah. Dalam obrolan dengan waktu terlihat mitra obrolan tertera, tahan tombol Kirim.

Dulunya, Anda tidak dapat membuat grup kosong, mengatur perizinan dan setelannya terlebih dahulu, baru kemudian mengundang pengguna lainnya. Sekarang, hal ini dapat dilakukan.

Di perangkat iPhone terbaru, foto profil memiliki animasi baru, meluncur mulus saat Anda menggulir ke profil dan halaman info.

Demikian semuanya untuk hari ini. Sampai jumpa lain kali dengan berbagai fitur baru.


21 April 2023
Tim Telegram