Panggilan Penuh Warna, Efek Jentikan Thanos, dan Pembaruan Epik untuk Bot

Baca pengumuman resmi dalam Bahasa Inggris
Panggilan Penuh Warna, Efek Jentikan Thanos, dan Pembaruan Epik untuk Bot

Pembaruan Telegram ke-10 pada tahun 2023 ini membawa beberapa peningkatan untuk fitur panggilan dengan desain yang lebih berwarna yang lebih hemat daya, efek uap yang baru untuk pesan yang dihapus, pembaruan bot terbesar di sepanjang sejarah Telegram, dan sebagainya.

Peningkatan Fitur Panggilan

Panggilan Telegram memampukan pengguna berbicara, menyalakan kamera, atau berbagi layar semua dalam satu tempat. Panggilan dilindungi dengan enkripsi end-to-end dan tersedia di setiap platform.

Dalam pembaruan ini, kami telah mendesain ulang fitur panggilan secara menyeluruh dengan animasi yang baru dan latar yang indah yang secara dinamis berubah mengikuti status panggilan: berdering, aktif, atau berakhir. Semua perubahan ini membutuhkan daya yang lebih rendah dari sebelumnya, yang artinya lebih hemat baterai dan juga berfungsi lebih lancar untuk perangkat yang lebih tua.

Kami juga telah memperbaiki ratusan bug dan kesalahan antarmuka, serta menambahkan beberapa peningkatan pada kualitas panggilan. Peningkatan lainnya pada sambungan dan kualitas audio akan datang pada tahun 2024.

Efek Jentikan Thanos saat Menghapus Pesan

Bulan yang lalu, kami mengimplementasikan animasi uap di perangkat iOS untuk pesan yang dihapus otomatis.

Animasi yang keren (dan hemat daya) ini sekarang tersedia di perangkat iOS dan Android dan diputar kapan pun Anda menghapus pesan.

Pembaruan Bot Epik: Reaksi dan Sebagainya

Platform bot gratis Telegram memampukan pengembang mengintegrasikan jasa dan layanan apa pun ke dalam ekosistem Telegram – mulai dari chat bot yang sederhana hingga aplikasi mini yang mumpuni yang layak menggantikan situs web.

Kami menutup tahun ini dengan pembaruan terbesar Platform Bot di sepanjang sejarah Telegram. Di antara belasan fitur baru, bot sekarang dapat bereaksi pada pesan; mengelola reaksi, kutipan, dan tautan; serta mengirim balasan ke obrolan atau topik yang lain.

Dengan pembaruan ini, bot juga dapat memperoleh informasi mengenai giveaway dan boost di dalam channel apabila bot tersebut diangkat menjadi admin.

Pengembang dapat menemukan semua perubahan Platform Bot dalam daftar perubahan epik.

Jika Anda tertarik untuk membuat bot dan aplikasi mini, kunjungi Panduan Bot. Di sana Anda dapat menemukan informasi tambahan dan bahkan tutorial step-by-step bagi pemula.

Pembaruan ini mencakup banyak fitur baru, tetapi kami akan mengumumkannya pada bulan Januari. Untuk saat ini, panggil teman Anda dan ucapkan selamat kepada mereka, atau buatlah bot untuk melakukannya bagi Anda. Sampai jumpa pada tahun selanjutnya!


31 Desember 2023
Tim Telegram