Cerita untuk Channel, Media Sekali Lihat, dan Sebagainya

Baca pengumuman resmi dalam Bahasa Inggris
Memperkenalkan Cerita untuk Channel, Musik Anda dalam Cerita, dan Sebagainya

Pembaruan sebelumnya mengenang Tahun Ke-10 Telegram dengan memperkenalkan fitur Cerita. Dalam pembaruan kali ini, channel juga dapat ikut serta memposting cerita dengan menggunakan sistem Boost. Sementara itu, fitur Cerita yang sudah kita kenal juga dipercantik dengan stiker reaksi dan opsi untuk menambahkan musik. Kami juga telah menambahkan pengaturan Sekali Lihat untuk fitur lama kami, self-destructing media, yaitu media yang dapat hancur dengan sendirinya dengan tujuan privasi. Kami juga telah menyempurnakan sistem pemberitahuan login dan mengimplementasikan berbagai perbaikan lainnya.

Cerita untuk Channel

Pengguna Telegram kini dapat membantu channel favorit mereka mendapat akses untuk posting cerita dengan memberikan Boost. Telegram Premium menyertakan empat Boost gratis yang dapat diberikan ke channel mana pun.

Semakin banyak Boost yang diperoleh, semakin banyak peningkatan yang diterima. Setiap level akan memampukan channel untuk memposting 1 cerita tambahan per hari, yang akan masuk ke dalam feed cerita pelanggannya.

Pengguna dapat memindahkan Boost mereka ke channel yang berbeda sekali setiap 24 jam.

Channel dapat meminta Boost dari pelanggan melalui tautan khusus, seperti t.me/durov?boost. Untuk mendapatkan tautan Boost bagi channel Anda dan melihat jumlah yang diperlukan untuk level selanjutnya, kunjungi halaman Info Channel > Lainnya > Statistik > Boost.

Admin channel dapat posting cerita

Seketika channel membuka akses ke fitur cerita, admin dengan hak yang relevan yang berlangganan Telegram Premium dapat memposting dengan mengetuk Ikon Posting Cerita di halaman Info Channel.

Admin juga akan melihat opsi 'Posting Cerita Sebagai' saat memposting cerita dari daftar obrolan mereka.

Stiker Reaksi dalam Cerita

Baik pengguna maupun channel dapat menambahkan stiker reaksi dalam cerita mereka, sehingga penonton dapat dengan cepat merespons dalam satu ketukan. Cerita yang diposting oleh channel menampilkan banyaknya orang yang memilih setiap emoji.

Untuk menambahkan stiker reaksi, ketuk ikon 💭 dalam panel stiker, lalu pilih emoji yang disukai dari puluhan opsi dalam jendela tersebut. Pelanggan Premium juga dapat menggunakan semua emoji kustom mereka.

Semua pengguna dapat menambahkan 1 stiker reaksi pada setiap cerita, sedangkan pengguna Premium dapat menambahkan hingga 5.

Musik Anda dalam Cerita

Ingin memasang lagu penyanyi kesukaan Anda sebagai latar cerita? Sekarang, Anda dapat melakukannya dengan berkas audio di perangkat Anda. Berkat hal ini, Anda sekarang dapat membuat konten menggunakan soundtrack atau lagu khusus atau bahkan narasi.

Dalam panel stiker, ketuk 'Audio' dan pilih berkas. Kemudian, atur trek untuk memilih bagian tertentu. Dalam cerita video, Anda juga dapat mempertahankan suara asli video tersebut dan meletakkan trek audio Anda di titik mana pun, misalnya sebagai efek suara di tengah atau outro di akhir video.

Tips: Anda dapat menggunakan aplikasi memo/perekam suara untuk mengekspor berkas narasi atau sulih suara untuk cerita Anda.

Media Sekali Lihat

Pada tahun 2013, Telegram merilis fitur media yang dapat otomatis hancur dengan sendirinya. Sekarang, fitur tersebut diperbarui dengan tampilan yang baru, cara penggunaan yang lebih sederhana, dan pengaturan Sekali Lihat.

Dalam obrolan pribadi, ketuk Ikon Sekali Lihat dalam editor media untuk menentukan berapa lama foto atau video Anda dapat dilihat setelah dibuka pertama kalinya (dari Hanya Sekali sampai maksimum 30 detik). Media Sekali Lihat akan dihapus secara permanen dari dalam obrolan setelah penerima membukanya.

Seperti semua media yang dapat hancur dengan sendirinya, penyimpanan dan pengambilan tangkapan layar dilarang untuk Media Sekali Lihat.

Pemberitahuan Login Baru

Sesaat seseorang login ke dalam akun Anda, Telegram mengirimkan notifikasi ke semua perangkat Anda. Agar lebih terlihat, mulai dari sekarang, aktivitas login baru akan menampilkan pemberitahuan ini di atas daftar obrolan Anda.

Jika Anda tidak mengenali aktivitas login yang tertera dalam pemberitahuan, ketuk 'Tidak, bukan saya!' untuk segera mengamankan akun Anda. Anda dapat memeriksa semua perangkat terhubung yang memiliki akses ke pesan Anda dalam Pengaturan > Perangkat.

Untuk keamanan lebih, Anda juga dapat mengaktifkan kata sandi Verifikasi Dua Langkah dalam Pengaturan > Privasi dan Keamanan > Verifikasi Dua Langkah.

Ingat! Jangan pernah memasukkan kode login atau kata sandi Anda di mana pun kecuali saat login di Telegram.

Dan Sebagainya

Pengembang kami juga telah mengimplementasikan puluhan perbaikan bug dan berbagai optimisasi. Pengguna iOS akan melihat bahwa pengiriman video telah ditingkatkan, tidak hanya selesai lebih cepat tetapi juga menampilkan progress bar yang lebih akurat. Pengguna Android akan merasakan peningkatan performa saat melihat animasi spoiler, termasuk dalam fitur lihat sekali dan media tersembunyi.


Demikian semuanya dari kami untuk hari ini. Kami akan lanjut mengerjakan pembaruan selanjutnya, sementara Anda dapat tetap lanjut menikmati cerita dari channel favorit Anda.


22 September 2023
Tim Telegram