Mini App Bar, Media Berbayar, Pencarian Cerita, dan Sebagainya

Baca pengumuman resmi dalam Bahasa Inggris
Memperkenalkan Mini App Bar, Media Berbayar, Pencarian Cerita, dan Sebagainya

Pembaruan pada bulan Juni kami menambahkan cara baru untuk memperkecil aplikasi mini ke dalam kotak kecil di bawah layar, membantu konten kreator memonetisasi channel mereka dengan foto dan video berbayar, dan meningkatkan fitur cerita dengan memperkenalkan pencarian dengan tagar atau lokasi.

Mulai hari ini, pengembang aplikasi mini dan konten kreator dapat menggunakan Stars yang mereka peroleh untuk menerima hadiah dalam bentuk Toncoin atau membeli Iklan Telegram dengan tarif diskon khusus.

Mini App Bar

Lebih dari 500 juta pengguna Telegram sekarang berinteraksi dengan aplikasi mini setiap bulan untuk membeli produk, mengakses layanan, dan bermain game.

Mulai hari ini, Anda dapat menyembunyikan aplikasi mini ke dalam bilah di bawah layar Anda. Dengan demikian, Anda akan dapat menanggapi pesan atau membuka aplikasi mini lainnya pada waktu yang sama. Tanpa perlu keluar dan memuat ulang lagi, Anda dapat langsung kembali ke aplikasi sebelumnya dengan ringkas.

Hanya untuk berjaga-jaga jika Anda perlu mengawasi beberapa hamster. 😌

Untuk memperkecil aplikasi, cukup geser bawah. Untuk membukanya kembali, ketuk bilah aplikasi di bagian bawah layar Anda dan pilih salah satu aplikasi yang aktif.

Jika Anda seorang pengembang, lihat halaman ini untuk rincian lengkapnya.

Bayar Konten dengan Telegram Stars

Bulan lalu, kami meluncurkan Telegram Stars sebagai mata uang pembelian produk digital dalam aplikasi mini.

Sekarang, pembuat konten dapat menerima Stars dengan mempublikasikan foto atau video berbayar dalam channel mereka. Pelanggan hanya akan diizinkan melihat postingan tersebut setelah membayar penulis untuk membukanya.

Konten kreator dapat menggunakan Stars untuk mendapatkan hadiah mata uang kripto dalam bentuk Toncoin, atau menggunakannya untuk mengiklankan channel mereka sehingga mendapatkan lebih banyak pelanggan. Semua keuntungan di atas hampir 0 komisi dari Telegram.

Cari Cerita dengan Tagar

Mengetuk sebuah #tagar dalam obrolan memungkinkan Anda melihat hasil pencarian untuk tagar tersebut dari obrolan Anda dan dari channel publik. Dengan pembaruan ini, mengetuk tagar dalam keterangan cerita memungkinkan Anda menelusuri cerita publik dengan tagar yang sesuai.

Kalau-kalau kamu ingin #lebih. 😌

Jika Anda seorang konten kreator atau pemilik bisnis, Anda dapat menggunakan tagar untuk membantu menumbuhkan pengikut Anda. Dengan kata lain, pengguna yang belum mengenali Anda dapat secara organik menemukan profil atau channel Anda melalui fitur ini.

Telegram Business menawarkan fitur-fitur canggih untuk kreator dan pemilik perusahaan; semuanya disertakan secara gratis dengan Telegram Premium.

Cari Cerita dari Lokasi

Pengguna yang sedang berlibur, menghadiri acara, atau sekadar makan di luar dapat menambahkan tagar lokasi ke cerita mereka untuk menunjukkan kepada orang lain di mana menemukan pemandangan indah dan makanan lezat.

Seperti tagar pada umumnya, mengetuk tagar lokasi memungkinkan Anda menelusuri cerita publik dari tempat yang sama. Jadi, Anda dapat mengulang kembali konser tadi malam atau melihat pratinjau tujuan perjalanan Anda berikutnya.

Seumpama kita tidak sendirian di Alam Semesta. 😌

Hanya cerita yang diizinkan untuk Anda lihat yang muncul dalam pencarian tagar atau lokasi. Cerita pribadi tidak pernah muncul dalam hasil pencarian.

Premium: Widget Tautan dalam Cerita

Pengguna Premium dapat menonjolkan tautan dalam cerita dengan menambahkan widget tautan. Hal ini akan menciptakan pratinjau tautan yang indah pada foto atau video Anda, yang mendukung latar belakang terang dan gelap agar cocok dengan media Anda.

Semisal tautan besar lebih baik daripada 1000 gambar. 😌

Widget tautan memungkinkan Anda menambahkan nama tautan khusus yang menggantikan teks URL di bagian atas pratinjau.

Hadiah untuk Konten Kreator dan Pengembang

Pengembang bot yang menawarkan barang dan jasa digital serta konten kreator yang memonetisasi channel mereka dengan postingan berbayar kini dapat menggunakan Telegram Stars yang mereka peroleh untuk menerima hadiah dalam bentuk Toncoin atau membeli Iklan Telegram.

Telegram tidak mengambil komisi apa pun dari transaksi Stars, jadi hanya pajak dan biaya sistem pembayaran yang akan berlaku. Ketika Anda mentransfer Stars ke akun Iklan Telegram Anda, Telegram bahkan menambahkan diskon 30% untuk menutupi semua biaya sistem pembayaran pihak ketiga.

Hadiah Toncoin

Jika channel atau bot Anda memiliki Stars dalam saldo, Anda dapat menariknya sebagai hadiah Toncoin melalui Fragment. Toncoin adalah mata uang utama di The Open Networkblockchain tercepat di dunia. Anda dapat dengan mudah menukarnya dengan mata uang kripto lainnya.

Apabila mengumpulkan Stars bukanlah tujuan akhir Anda. 😌

Untuk melihat saldo Stars bot Anda, buka Profil > ketuk 'Edit' > Saldo. Sementara itu, untuk channel, buka Profil > Statistik > Monetisasi.

Subsidi Iklan untuk Kreator dan Pengembang

Siapa pun dapat menempatkan iklan yang menjaga privasi dalam channel Telegram publik untuk mempromosikan bot, channel, atau grup mereka.

Pengembang bot dan konten kreator juga dapat menggunakan Stars untuk mempromosikan bot atau channel mereka dengan tarif khusus (diskon 30%). Dengan ini, Anda dapat hemat biaya sekaligus menjangkau pengguna baru.

Subsidi Iklan untuk Kreator dan Pengembang

Andaikata Anda telah lulus marshmallow test. 😌

Untuk membeli iklan menggunakan Stars, buka bagian Saldio atau Monetisasi dalam bot atau channel Anda. Kemudian, ketuk 'Beli Iklan'. Stars hanya dapat digunakan untuk mengiklankan bot atau channel yang sama yang memperolehnya.

Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai pengelolaan Stars, penerimaan hadiah, serta pemasangan iklan, kunjungi Ketentuan Layanan untuk Pengembang Bot dan Konten Kreator.

Demikian semuanya untuk hari ini. Kami akan sibuk menjelajahi cerita dan bermain game daripada mengerjakan pembaruan berikutnya.


30 Juni 2024,
Tim Telegram