Media Tersembunyi, Nol Pemakaian Penyimpanan, Tool Menggambar Baru, Foto Profil untuk Kontak Anda, dan Sebagainya

Baca pengumuman resmi dalam Bahasa Inggris
Memperkenalkan Media Tersembunyi, Nol Pemakaian Penyimpanan, Tool Menggambar Baru, Foto Profil untuk Kontak Anda, dan Sebagainya

Tidak seorang pun akan rindu tahun 2022, tetapi pembaruan ini memberikan alasan indah untuk mengingatnya: media dengan efek spoilter, cara baru untuk menghemat ruang penyimpanan perangkat Anda, berbagai tool menggambar baru, foto profil yang disarankan, dan sebagainya.

Media Tersembunyi

Telegram mendukung formatting spoiler untuk menyembunyikan teks dalam pesan. Sekarang, Anda juga dapat menyembunyikan foto dan video di bawah lapisan buram yang bersinar. Penerima hanya perlu mengetuknya sekali untuk menghancurkan mantranya dan melihat isinya.

Dalam menu lampiran, pilih minimal satu item, lalu ketuk Menu Android atau Menu iOS, dan pilih 'Sembunyikan dengan Spoiler'.

Pemakaian Penyimpanan Nol

Telegram memakai hampir nol ruang penyimpanan di perangkat Anda. Anda dapat menghapus media dan dokumen dari penyimpanan perangkat dan mengunduhnya ulang dari awan Telegram kapan pun. Selama bertahun-tahun, pengguna dapat mengatur ukuran cache maksimum atau penghapusan item yang tidak digunakan secara otomatis untuk jangka waktu tertentu.

Setelah pembaruan ini, Anda dapat menambahkan pengaturan penghapusan otomatis terpisah untuk cache media dari Obrolan Pribadi, Grup, dan Channel – dengan pengecualian untuk obrolan tertentu.

Terdapat diagram lingkaran baru yang akan membantu memvisualisasikan apa saja yang memakai ruang penyimpanan Anda. Selain itu, kami juga menambahkan tab khusus untuk Media, Berkas, dan Musik yang dirancang agar Anda dapat membersihkan item terbesar hanya dalam satu ketukan.

Di perangkat iOS, kami telah mengurangi waktu yang dibutuhkan aplikasi untuk menghitung ukuran cache. Pengguna Android sangat beruntung karena aplikasi mereka sudah menerapkan hal ini sejak lama.

Kunjungi opsi baru yang tersedia di Pengaturan > Data dan Penyimpanan > Pemakaian Penyimpanan.

Tool Menggambar dan Teks Baru

Media editor Telegram yang kuat sekarang kembali dengan desain yang baru. Tool menggambar secara dinamis berubah ukuran berdasarkan kecepatan menggambar dan secara otomatis menghaluskan garisan Anda.

Terdapat blur tool baru yang dapat menyensor data sensitif (atau photobomber), beserta 5 cara akurat untuk memilih warna, termasuk Eyedropper tool.

Ketike menambahkan teks ke foto atau video, Anda sekarang dapat mengubah ukuran, font, dan background teks tersebut. Anda juga dapat menambahkan emoji kustom beranimasi ke dalam teks pada gambar, dan fitur ini tersedia bagi semua pengguna, termasuk mereka yang tidak berlangganan Telegram Premium.

Untuk dengan cepat menambahkan bentuk seperti persegi panjang, lingkaran, panah, bintang, dan gelembung percakapan, ketuk tombol “+”. Anda juga dapat menekan dan menahan permukaan untuk mengisi kanvas dengan warna – atau menghapus semuanya.

Kami berencana untuk terus menyempurnakan antarmuka media editor dan meningkatkan performanya di pembaruan-pembaruan selanjutnya.

Foto Profil untuk Kontak Anda

Ketika mengedit kontak, Anda dapat memasang foto pilihan Anda sendiri untuk akun mereka. Namun, hanya Anda yang dapat melihatnya di profil mereka.

Jika Anda memiliki foto profil bagi kontak Anda, Anda dapat menyarankannya kepada mereka. Mereka hanya perlu mengetuk dua kali untuk menambahkannya ke profil mereka.

Buka Profil kontak > Edit, lalu pilih 'Pasang Foto untuk…' atau 'Sarankan Foto untuk…'.

Foto Profil Publik

Jika Anda hanya mengizinkan pengguna tertentu untuk dapat melihat foto profil Anda, Anda dapat memasang foto publik yang dapat dilihat oleh pengguna lainnya.

Pembaruan ini juga mengizinkan Anda menikmati privasi foto profil terbaik: Anda dapat mengatur visibilitas menjadi 'Tidak ada' dan menambahkan beberapa pengguna atau grup sebagai pengecualian.

Pengaturan ini tersedia dalam Pengaturan > Privasi dan Keamanan > Foto Profil.

Sembunyikan Anggota Grup

Fitur seperti pengaturan anti-spam agresif membantu admin obrolan memoderasi grup yang besar, tetapi beberapa grup juga ingin melindungi anggota mereka dari pesan pribadi yang tidak diinginkan.

Admin grup dengan lebih dari 100 anggota sekarang dapat memilih untuk menyembunyikan daftar anggota dalam Pengaturan Grup. Dengan demikian, jika seseorang tidak mengirim pesan ke grup, hanya admin grup yang akan tahu mereka ada di sana.

Sembunyikan Anggota Grup

Animasi Android

Animasi baru mulus telah ditambahkan untuk saat Anda melompat ke balasan yang jauh dalam obrolan yang ramai dan saat melompat ke halaman lain di dalam aplikasi.

Premium Emoji Beranimasi Baru

Pengguna Premium mendapatkan 10 paket emoji beranimasi kustom baru sebagai hadiah dari seniman Telegram.

Temukan paket ini dan selebihnya dalam Emoji tab emoji dalam Stickers panel stiker.

Lebih Banyak Emoji Interaktif

Kami terus lanjut memperluas dunia emoji interaktif kami. Untuk menikmati efek layar penuh secara bersamaan dengan mitra obrolan Anda, kirim satu 🎅🎄☃️💅🗿🆒🤪 dalam obrolan 1-lawan-1 lalu ketuk emoji tersebut.

Semua emoji ini dapat sekarang digunakan sebagai reaksi. Gunakanlah untuk mengucapkan selamat tinggal ke tahun 2022.

Topik untuk Grup Berukuran Apa Pun

Topik sekarang tersedia dalam semua grup, terlepas dari ukurannya, sehingga semua pengguna dapat menikmati cara baru ini untuk merapikan diskusi mereka.


Demikian semuanya untuk hari ini. Kami mempertimbangkan untuk menyelipkan satu pembaruan lagi pada bulan Desember ini, tetapi akhirnya memutuskan untuk beristirahat sejenak saja.


30 Desember 2022
Tim Telegram